Before Lesanpuro

By   26/04/2016

Before LesanpuroTulisan ini saya buat bukan karena semata-mata saya dekat secara pribadi dengan pak David Hen. Bukan pula iklan atau propaganda, toh ada uang pun belum tentu bisa beli burungnya. Tulisan ini lebih pada menyalurkan kegemaran saya menulis. Saat kunjungan kadang kala ada saja ide yang muncul di benak saya. Contohnya saat melihat kandang ini. Dalam hati,”Ah kali aja jadi inspirasi untuk teman lain yang hendak membuat kandang. Mana tahu ada yang bisa dicontoh oleh orang lain.”

Ini adalah kandang pak David saat pertama main merpati pos, eranya before Lesanpuro. Kandang ini dibangun dan digunakan pada tahun 2007. Setahun kemudian langsung pindah ke lesanpuro. Alasannya sederhana saja, karena di atas kandang terbentang kabel sutet bertegangan tinggi milik PLN. Yang pada awalnya tidak terpikir akan mengganggu para penerbang. Setelah banyak memakan korban, maka kandang lomba ini segera dinonaktifkan dan pindah ke Lesanpuro.

Bangunan kandang keseluruhan adalah permanen, terbuat dari tembok bata dan atap genting. Lantainya masih semi panggung, ada bagian yang dapat digunakan untuk membersihkan kotoran. Sisi kandan dan kiri dilengkapi oleh heksos (kipas sirkulasi udara). Kandang dibagi 2 bagian untuk jantan dan betina. Suhu di dalam kandang cukup nyaman sesuai dengan suhu ruang normal. Saat kunjungan di siang hari pun tidak terasa panas di dalamnya walau tanpa bantuan kipas sirkulasi di sisi kandang.

Faktor kemanannya sangat baik, karena kandang berada dalam lokasi gudang yang luas di mana sekelilingnya terlindungi oleh tembok tinggi, setinggi 4 meter. Masih dilengkapi oleh pos jaga dipintu gerbangnya. Area di luar kandang lebih banyak lahan terbukanya, berupa sawah yang membentang.  Mudah-mudahan bisa memberi ide buat teman yang sedang membangun kandang merpati pos.

Jakarta, April 2016
Mas Nino

2 Comments on “Before Lesanpuro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *