Inbreed

By   22/02/2016

inbreed

Inbreed suatu istilah yang populer sekali di dalam dunia ternak. Demikian pula dalam dunia hobi yang melibatkan hewan. Kadang kala mengarah pada suatu tujuan yang tidak jelas. Misalnya,”Ini inbreed 001 lho… Bakal jadi racer handal nih…” Atau malah kadang seperti “mendewakannya”. Seolah-olah kalo sudah bisa melakukan tehnik inbreeding berarti sudah hebat dalam beternak.

Inbreed atau inbreeding yang dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan dengan arti silang dalam. Maksudnya melakukan pemuliaan (breeding) dengan menjodohkan pasangan yang memiliki hubungan darah. Atau kedua indukan masih kerabat dekat.

Kalo dibuat kerangka garis besar dalam penulisan (out line) kira-kira inbreed sendiri merupakan sub-judul. Jika judul utamanya “Breeding” maka terdapat 2 sub-judul di dalamnya. Pertama adalah “Crossbreeding” atau “Outbreeding” (silang luar) dan kedua baru “Inbreeding” (silang dalam). Di dalam inbreeding sendiri ada beberapa pola lagi. Misalnya Cross Back dan Line Breed. Line breed masih bisa dipecah ke dalam beberapa pola lagi. Contohnya half sister /half brother dan first cousin.

Kandang untuk menyingkat pemain merpati pos hanya menyebut inbreed saja. Saat hanya disebut inbreed saja, maka pemain lain secara umum akan mengartikanya sebagai hubungan silang dalam, dengan derajat dekat. Misalnya ayah dan anak, ibu dan anak atau antar saudara kandung. Pola ini memang masuk dalam pola inbreeding juga. Anggap lah kata inbreed mewakili pola ini. Pertanyaan mendasarnya, kapan kita memakai pola ini dalam pemuliaan ? Atau kalo pertanyaannya diganti, apa sih tujuan inbreed ?

Pada dasarnya inbreed (derajat dekat) kita lakukan bila kita hendak “membuat” indukan. Dengan menerapkan pola ini tujuan utamanya adalah membuat copy dari burung tertentu. Burung tertentu yang seperti apa yang kita buat duplikatnya ? Burung yang istimewa tentunya. Istimewa bisa berarti burung juara satu total pos (ace pigeon). Atau indukan yang secara meyakinkan menghasilkan anak-anak yang selalu juara. Baik racer atau breeder istimewa inilah yang kita siapkan duplikatnya.

Kenapa kita perlu membuat duplikat mereka, toh kita punya aslinya ? Duplikat ini kita perlukan untuk mengantisipasi kemungkian burung istimewa tersebut tidak berada dikandang kita lagi. Misalnya burung terjual karena harga yang menggiurkan. Atau berjaga-jaga bila burung yang asli sudah cukup tua usianya. Kemungkinan lain, burung hilang dicuri atau mati karena wabah. Untuk mengatisipasi hal-hal tadi maka kita perlu menyiapkan duplikat sang burung istimewa tadi.

2 Comments on “Inbreed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *