Jarak Lomba

By   11/03/2016

Jarak Lomba MerpatiMenekuni lomba merpati pos akan sampai pada pemahaman jarak lomba. Akan sering mendegar istilah Short, Midle dan Long. Misalnya pertanyaan yang umum adalah,”Ini burung Mid atau Long?” Lantas untuk orang yang pertama kali mendengar akan bertanya-tanya,”Memang merpati pos itu jenisnya masih terbagi lagi ya? Ada berapa jenis sih ? Batasannya apa?” Pertanyaan akan terus mengalir dan mungkin saja cukup membingungkan. Di satu sisi sebagai pendatang baru membedakan merpati pos atau bukan saja masih belum paham betul. Saat pertanyaan masih berputar-putar pada “Rambon” muncul lagi pertanyaan “Mid atau Long”.

Sekarang kita fokuskan bahasan pada jarak lombanya saja dulu. Agar bisa menentukan batasan jarak lomba yang ada. Setelah batasan ini kita pahami tentu nantinya akan lebih mudah mengenali jenis merpati posnya tadi. Batasan jarak lomba pun tidak ada kesepakatan bakunya. Hanya kisaran yang berlaku secara umum. Artinya belum diatur standarisasinya oleh suatu organisasi semacam ISO untuk keseragamannya.

Secara umum memang ada 3 jarak lomba dalam merpati pos. Pertama adalah jarak pendek atau dikenal dengan istilah asing Short Distance. Ini rentang jarak lombanya  berada di bawah 400km. Kedua adalah jarak menengah atau Middle Distance, dengan rentang jarak sekitar 400 sampai 650km. Jarak ketiga adalah jarak jauh atau Long Distance, lomba rentang jaraknya 650 sampai 850km.

Sampai di sini akan muncul pertanyaan susulan yaitu bagaimana dengan jarak 1.000 km seperti pos 7-nya LLB (Bali-Jakarta) atau jarak 1.000 km ++ seperti pos 8-nya LLB (Sumbawa/Lombok-Jakarta). Lomba di atas jarak 850km sudah bukan lagi sekedar Long Distance tapi sudah masuk pada kelas baru  yaitu Extreme Long Distance atau lebih populer dengan sebutan Marathon.

Biasanya akan disusul dengan pertanyaan yang agak polos,”Hebat mana ?” Ini masalah selera dan cara bermain. Dalam dunia atletik pun tidak ada pandangan bahwa pelari marathon lebih hebat dari pada pelari cepat 100m. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Hanya memang pada hobi merpati pos semakin jauh akan semakin membuat orang berdecak kagum. Dan berlaku juga paham bahwa semakin jauh akan memerlukan persyaratan yang semakin berat juga. Kalau sekedar burung sehat saja tidak cukup untuk jarak yang semakin jauh. Semakin jauh tuntutannya semakin tinggi. Burungnya harus prima, prima dari sisi kualitas dan kondisi. Pemainnya juga harus trampil dari sisi teknik bermain (perawatan dll). Salah satunya tidak terpenuhi maka mustahil burung bisa menempuh jarak yang sangat jauh.

Pada akhirnya semua kita kembalikan pada selera masing-masing pemain, pada jarak lomba berapakah kita nyaman bermain.  Jangan lupa tetap semangat…!

One Comment on “Jarak Lomba

  1. arif sahrul

    extreme sonk kiblat mpos. lomba nya se tahun sekali. benar benar mpos harua berada pada posisi top perform

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *