Kandang Central

By   02/12/2015

Central 3Nama Kandang Central tidak asing untuk lingkungan pemain merpati pos. Central Loft atau Kandang Central rasanya berasal dari nama usaha sang pemilik yaitu bapak Ishak Hadi. Sang pemilik mempunyai usaha percetakan yang diberi nama “Central Printing”. Karena kediaman pak Ishak saat ini dijadikan alamat sekertariat Lang Lang Buana (LLB), hingga sering dijadikan lokasi pertemuan. Kemudian secara sepontan bila hendak bertemu para pemain sering berkata,”Sudah ketemu di Central saja….”

Memang sang pemilik tipe orang yang cukup terbuka, hingga Kandang Central sering dijadikan tempat para pemain baru untuk belajar dan menimba ilmu. Menjadi semacam center of excellence di bidang hobi merpati pos. Sang pemilik pun tidak sungkan-sungkan untuk berbagi ilmu yang dimilikinya. Rasanya pertanyaan apa pun seputar merpati akan terjawab bila datang ke Kandang Central.

Secara fisik kandangnya sendiri terbagi menjadi 3 bagian. Pertama adalah kandang ternak (breeding) atau istilah di lapangan adalah kandang pacek. Kandang ini berada dalam ruangan dengan sangkar soliter yang memisahkan setiap indukan. Letaknya di lantai 3, bila kita hitung dari bawah. Termasuk induk pengasuh (babuan) ada di bagian ini.

Kandang kedua adalah kandang pembesaran piyik. Letaknya di lantai 3 juga hanya di sisi luar, sisi teras. Hingga piyik (anak merpati) yang baru lepas sapih dapat melihat sekeliling dan mendapatkan cukup sinar matahari dalam proses pembesaranya. Umumnya piyik akan dipindahkan ke kandang ini saat sudah lepas sapih dengan usia sekitar 30 hari. Piyik akan dibesarkan di kandang ini hingga usianya sekitar 90 hari.

Dari kandang pembesaran piyik ini maka piyik yang mulai remaja akan di masukan ke kandang lomba yang posisinya berada di atas. Praktis posisi kandang lomba berada pada lantai 4 bila kita menghitung dari bawah. Pilihan usia 90 hari lebih bukanlah tanpa pertimbangan. Bila piyik terlalu kecil maka apabila jatuh sang piyik tidak akan bisa naik ke atas. Karena posisinya yg telalu tinggi.

Kandang lomba pun di bagi menjadi 2 bagian yaitu kandang Lomba Jantan dan kandang Lomba Betina. Masih dilengkapi area aviary untuk tahap pengenalan piyik terhadap lingkungannya. Bahan dasar pembuat kandang dominan unsur matrial berbahan besi. Bagian-bagian lain juga bersifat permanen, seperti tembok dan beton. Hingga usia pakai kandang menjadi sangat panjang sekali dan memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap panas dan hujan.

4 Comments on “Kandang Central

  1. INSASOLO

    kandang bagus dengan isi yg super pula…..pemiliknya pa Isaac Hadi familer, banyak ilmu diserap di kandang central ini

  2. Admin Post author

    Wow….pak Immawan muncul juga di sini hehehe…. Terima kasih sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *