Kandang Kresna

By   13/11/2015

Kandang pak Sudar 2

Gambar di atas adalah kandang pak Sudar, pemain yang tinggal di Bekasi tepatnya di Jl. Kresna Raya. Suatu kebetulan pak Sudar menyukai wayang dan tokoh favoritnya pun adalah sosok Kresna. Menjadi sangat cocok mana kala kandangnya diberi nama “Kresna Loft” . Suatu kebetulan yang terlalu kebetulan rasanya.

Ini adalah kandang kedua yang dipakai lomba pada tahun 2013. Kandang pertamanya yang digunakan lomba pada tahun 2012 terletak pada rumah lama di perumahan Vila Nusa Indah. Kini tidak dipakai lagi, mengingat rumah tersebut sudah dijual. Kandang kedua ini terbuat dengan bahan dasar kayu, tripleks, kawat ram, plastik pelapis dinding depan. Sementara dinding sisi belakang, kanan dan kiri memanfaat tembok yang ada. Atapnya menggunakan asbes.

Kandang ini dibagi 2 bagian. Bagian pertama yang menempati porsi lebih luas adalah kandang lomba. Di dalamnya menggunakan tengeran berupak box dan model “V” terbalik. Sementara bagian yang lebih kecil adalah area breeding. Area yang dipakai cukup luas, mengingat indukan yang dipakai pak Sudar tidak banyak. Pak Sudar adalah tipe pemain yang sangat selektif dalam pemilihan indukan. Tergolong telaten dan sabar dalam melakukan seleksi. Komposisi indukannya kira-kira 85% berasal dari pak Henry Gunawan (Modern Loft), kemudian ada 2 ekor dari pak Peit Boentaran (Bandung) dan seekor pernah dipinjami indukan bagus dari kandang BSD-nya pak Michael.

Selama musim lomba tahun 2013 kandang ini cukup berprestasi. Dengan tingkat kehilangan yang relatif minim. Sebagian sempat menduduki peringkat atas di BRPC. Dalam setiap kesempatan lomba, paling tidak selama tahun 2012 dan 2013 pak Sudar tidak mencetak dan menurunkan banyak kadet penerbang. Pilihannya dalam kadet lomba sangat selektif. Tipe pemain yang mengandalkan kualitas dibanding kuantitas. Terbukti dari yang sedikit ini banyak yang menduduki peringkat atas.

Musim lomba tahun 2014 kandang ini kemungkinan besar akan dipensiunkan atau dialihfungsikan menjadi kandang breeding. Karena di akhir tahun 2013, Kresna Loft membangun kandang lomba yang lebih baik lagi. Menempati posisi di loteng, menggunakan dak dan permanen. Menggunakan dinding beton (tembok) plus rangka besi. Konstruksinya sangat kokoh dan sangat memperhitungkan daya tahan. Rupanya Kresna Loft sudah yakin dengan hobi yang akan ditekuni dalam jangka waktu yang cukup lama.

2 Comments on “Kandang Kresna

  1. SUTARNO

    MANTAB bisa buat acuan bikin kandang.
    belum di bahas masalah kotoran yg ada di kandang.
    metode kandang agar bisa bersih dari kotoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *