Katagori Lomba

By   05/12/2015

Katagori Lomba

Pada sebuah club merpati pos secara garis besar ada 2 katagori lomba. Katagori pertama adalah lomba umum. Rasanya hampir disemua club ada katagori ini. Katagori yang kedua adalah lomba khusus. Pada bagian katagori khusus ini jenisnya bisa sangat variatif. Seberapa variatifnya terserah penyelenggara lomba atau panitia lomba.

Katagori umum,ini adalah katagori yang paling moderat dalam persyaratannya. Penerbit cincin (ring) dibebaskan, asal bukan cincin pribadi terbitan sendiri. Minimal harus cincin resmi dari suatu clu, club mana saja. Tahun penerbitan cincin juga dibebaskan. Artinya cincin tahun berapa saja boleh. Bisa juga diartikan, pakai burung usia berapa saja boleh. Umumnya lagi tetapi ini tidak mutlak, biaya registrasi lombanya paling murah di antara katagori lain di club yang bersangkuatan.

Sekarang mari kita bahas katagori khusus. Apanya yang khusus? Tentu persyaratan lombanya. Katagori khusus ini bisa banyak sekali variannya. Karena persyaratannya bisa beragam juga. Misalnya syarat pembatasan ring. Sebagai contoh di LLB ada katagori Derby, yang mensyaratkan penggunaan ring LLB dengan nomor seri tertentu pada tahun berjalan. Persyaratan dengan batasan usia, yang mensyaratkan burung harus dibawah 1 tahun usianya. Biasanya dikenal dengan katagori YB (Young Bird) atau di luar negeri dikenal juga istilah Youngster. Persyaratan dengan batasan warna, ini juga bisa dipakai. Definisi burung warna juga harus diperjelas. Misalnya selain warna megan (BB) dan tritis (BC) masuk katagori ini. Nah, dari uraian tadi terlihat jelas bahwa katagori khusus ini bisa sangat variatif. Penamaan katagorinya pun bisa dibuat menarik, tetapi secara generik tentu masuk dalam kelompok katagori khusus.

Bila kita menggunakan lomba pada Lang Lang Buana (LLB) sebagai ilustrasi. Maka pada lomba marathon ke arah Timur yang bertajuk MITS (Marathon In The Sky) ada kedua jenis katagori tadi. Pertama katagori umum dengan persayaratan yang relatif lebih longgar. Kedua ada katagori Derby dengan tujuan pembatasan usia burung peserta. Teknisnya dibedakan melaui cincin identitasnya. Pada katagori Derby, LLB mengeluarkan nomor seri ring yang peruntukannya memang untuk lomba tersebut.

One Comment on “Katagori Lomba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *