Konsep Casa Palomas-Solo

By   28/04/2016

Casa Palomas-SoloCasa Palomas-Solo merupakan salah satu lomba dengan konsep kandang bersama atau lebih populer dengan istilah OLR (One Loft Race).  Kehadirannya menambah warna dalam dunia lomba merpati pos di tanah air. Mungkin bukan yang tertua, mungkin juga belum yang terbaik. Tetapi secara konsep tergolong unik, di mana OLR ini memilih rute semi zig-zag. Ini akan menambah tingkat kesulitan tersendiri. Belum lagi jarak lepasannya yang memiliki  titik terjauh Lombok-Solo. Tergolong paling jauh dibanding OLR yang pernah ada di tahan air. Ini point unik yang dimiliki Casa Palomas-Solo. Hanya burung-burung jenis long distance dengan mental tangguh yang bisa bertahan sampai akhir.

Secara konsep pun Casa Palomas-Solo ternyata sudah dipikirkan masak-masak. Setelah mendengarkan penjelasan panjang lebar dan menyaksikan sendiri di lokasi Casa Palomas-Solo ternyata secara konsep sudah dipikirkan untuk jangka waktu tiga tahun ke depan.  Perbaikan, penambahan dan pengembangan sarana penunjang seiring berjalannya waktu pun akan mengalami kemajuan.  Sebagai contoh adalah gambaran kandang lombanya, CP-1 menempati kandang lomba pertama. Kemudian di sebelahnya persiapan kandang lomba untuk CP-2. Keduanya menempati posisi sejajar. Khusus CP-3 akan menempati areal khusus yang telah dipersiapkan peruntukannya. Saat kandang CP-3 berdiri maka barisan kandang lomba CP-1 dan CP-2 akan dirubuhkan (dibongkar) guna memberikan area yang lebih terbuka pada kandang CP-3.

Casa Palomas-Solo sendiri beridi di atas lahan seluas 7.000 meter persegi. Dikelilingi tembok pagar setinggi 2 meter. Di luar tembok pagar hampir semuanya hamparan sawah yang luas membentang. Di dalam areal CP, ada juga bangunan yang akan digunakan sebagai tempat tamu menginap. Bangunan ini terdiri dari 2 lantai dan saat ini sedang dalam tahap renovasi. Mudah-mudahan saat CP-1 sudah mulai lomba, bangunannya pun sudah siap pakai.

Memang pergerakannya tidak menggelegar dan mencuat seketika. Semuanya memerlukan proses dan waktu.  Jika konsep Casa Palomas-Solo berjalan mulus setelah memasuki 3 fase di atas, mudah-mudahan bisa menjadi “Kandang Bersama” yang ideal, yang menjadi dambaan banyak pemain. Tugas kita sebagai penghobi  adalah mendukungnya. Wujud dukungannya pun bisa beragam. Bisa sebagai peserta dengan mengirimkan burungnya. Bisa menyumbangkan waktu dan tenaga. Bisa menjadi donatur untuk menambah komposisi hadiah agar menarik. Atau sekedar sumbang saran dalam bentuk ide membangun. Paling tidak, kita tidak menghambat laju perkembangan CP menuju arah ideal tadi.

Jakarta, April 2016
Mas Nino

One Comment on “Konsep Casa Palomas-Solo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *