Lomba Di LLB

By   05/08/2016

Lomba di LLBIni pertanyaan yang sering saya terima dari pendatang baru di dunia merpati pos,”Mas di LLB itu ada lombanya ada berapa macam sih? Kok saya bingung ada ring Umum, ada ring Derby, ada ring SSR?” Dari susunan kalimat tanyanya terlihat memang bingung, karena katagori lomba dan rute lomba disatukan.

Rute
Kita pilah dulu berdasarkan rute lombanya, di LLB sering disebut dengan gelombang 1,2 dan 3.

  • Pertama adalah lomba dengan arah lepasan dari Barat kota Jakarta, tepatnya Sumatra. Lomba ini bertajuk “From Sumatra With Love” sering disingkat dg FSWL. Ini ada lomba gelombang pertama di LLB, karena setiap tahunnya selalu jalan lebih awal. Biasanya sekitar bulan Februari. Hanya tersedia katagori UMUM.
  • Kedua adalah lomba dengan arah lepasan dari Timur kota Jakarta, arah terjauhnya Lombok atau Sumbawa. Lomba ini bertajuk “Marathon In The Sky”, sering disingkat dengan MITS. Ini adalah gelomba kedua dalam jadwal LLB, biasanya dimulai sekitar bulan Juni. Jalur atau rute lomba ini adalah core utama di LLB, usianya sudah puluhan tahun, sama dengan usia LLB itu sendiri. Kadang ada yang menyebut lomba classic LLB. Tersedia katagori UMUM dan Derby.
  • Ketiga adalah lomba dengan arah lepasan Timur yang menggunakan jalur Utara dan Selatan di pulau Jawa secara bergantian. Sering dijuluki lomba zig-zag. Lomba ini bertajuk “Super Speed Race” sering disingkat dengan SSR. Ini adalah lomba gelombang ketiga di jadwal LLB, umumnya mulai berjalan pada kisanran bulan Agustus. Ini adalah rute termuda di LLB, baru berjalan pada tahun 2014. Katagori dan persyaratan lomba khusus utk SSR.

Katagori
Sekarang kita masuk pada bahasan katagori (kelas) atau pengelompokan lomba berdasarkan persyaratannya. Secara umum lomba pada merpati pos hanya ada 2 kelompok. Pertama adalah kelompok Umum dan kedua adalah kelompok Khusus dengan syarat dan ketentuan yg lebih spesifik.

  • Katagori Umum adalah lomba dengan persyaratan yang sangat longgar. Pembebasan usia, boleh pakai burung usia berapa pun. Burung tua, burung muda boleh. Pembebasan ring, boleh menggunakan ring perkumpulan merpati pos mana pun. Ring LLB dan Non-LLB boleh. Menggunakan burung yang sama dengan tahun lalu pun boleh. Registrasi lomba diatur pada ketentuan rapat tahuan.
  • Katagori Khusus adalah lomba dengan persyaratan spesifik, sesuai ketentuan pada rapat tahuan. Katagori Derby adalah burung lomba dengan ring khusus Derby. Ini yang mau dibatasi adalah usia. Dan pada Derby burung hanya bisa main SATU kali pada kelas yg sama. Tahun depan kalo mau main lagi sudah tidak bisa di kelas Derby lagi. Bisa lomba tadi di kelas Umum. Tanggal penjualan ring pun ditentukan pada rapat tahuan dan harus menggunakan ring seri Derby dari LLB. Karena hanya ring LLB yang bisa dikontrol oleh LLB penerbitannya. Pembebasan registrasi lomba, karena harga ring sudah termasuk biaya registrasi.
  • Prihal SSR, sebenarnya ini termasuk lomba Khusus. Karena persiapan para anggota belum sepenuhnya siap maka ada masa penyesuaian untuk 3 tahun pertama. Tiga tahun pertama masih diperbolehkan menggunakan ring Umum dg biaya registrasi yang lebih mahal dibanding jika membeli ring khusus SSR. Untuk tahun keempat (2017) seluruh anggota yang hendak main di SSR sudah wajib menggunakan ring SSR. Saat itu tidak ada lagi dispensasi penggunaan ring Umum di kelas Khusus ini.

Sebagai penutup terlihat bahwa kelas khusus memang lebih sulit tingkat lombanya. Karena kita dituntut untuk menentukan peserta lomba sejak dari usia 6-10 hari. Perlu kepekaan rasa dan keseriusan tersendiri dalam hal ini. Tidak bisa sembarang burung kita pasangkan ring yg nilai nominalnya lebih mahal tentunya. Hanya pemain serius yang main di kelas khusus. Suatu saat akan ada usulan dan ide,”Gimana kalo penentuan Derby atau Umum dilakukan saat registrasi lomba saja. Kan sayang ring 60rb kalo hilang saat latihan atau ngawang….” Kalo ada anggota yang berpendapat seperti itu, berarti dia belum siap main di kelas khusus. Silahkan gunakan kelas umum untuk main, sampai dirasa memang siap terjun di kelas khusus.

Semoga memperjelas ya….

Mas Nino

(Humas LLB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *