Perhitungan Lomba

By   17/12/2015

Juara Merpati Pos

Secara garis besar ada 2 macam perhitungan di dalam lomba merpati pos. Perhitungan lomba yang pertama adalah hitungan juara kota atau juara titik (spot) lepasan. Istilahnya bisa saja beragam, juara kota, juara spot, juara pos. Inti hitungannya hanya mengacu pada satu kejadian lepasan saja. Perhitungannya tidak dikaitkan dengan lepasan lain. Juara kota lepasan ini relatif lebih mudah dicapai oleh siapa saja. Tapi tidak jarang, pada pos atau kota lepasan berikutnya burung tidak masuk peringkat lagi, atau malah hilang.

Kedua adalah hitungan total pos, yaitu nilai akumulatif dari beberapa titik lepasan. Hasil dari beberapa titik pelepasan dikumpulkan dan dijumlahkan. Ini pun istilahnya bisa beragam, juara angka tinggi, juara total pos, Ace pigeon. Juara pada perhitungan ini jauh lebih sulit dibanding juara kota. Karena burung harus selalu konstan pulang dan berhasil mencatatankan waktu (clock)pada setiap posnya. Banyak senior mengistilahkan burung harus stabil.

Dari uraian kedua jenis perhitungan tadi tersirat bahwa prioritas pra-syarat-nya sedikit berbeda. Pada jenis hitungan yang pertama, syarat utamanya adalah cepat (speed), syarat berikutnya adalah mampu pulang (homing). Berbeda pada jenis perhitungan kedua, syarat utamanya adalah homing disusul dengan speed. Speed tinggi tetapi kemudian hilang pada pos berikutnya, menjadikan hasil seluruh perhitungan total pos pada suatu lomba kurang baik.

Teknis perhitungan yang dipakai bisa beragam. Pada hitungan juara kota, bentuk yang paling umum adalah kecaptan dalam MPM. Meter Per Menit biasanya dipakai dalam menghitung hasil lomba. Pada total pos cara yang paling mudah adalah menjumlahkan nilai MPM yang diperoleh di setiap pos. Varian dari penjumlahan total pos ini bisa dikembangankan. Bisa memakai sistem point, bila tidak bisa mencatatkan waktu makan mendapat angka pinalti. Atau bisa menggunakan sistem koefisien yang diterapkan LLB. Dengan sistem koefisien perbedaan jarak antara yang jauh dan dekat sudah diperhitungkan. Pembobotan dengan mempertimbangkan jumlah peserta juga sudah termasuk dalam perhitungan koefisien.

2 Comments on “Perhitungan Lomba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *