Aturan Lomba

club RACE RULE

Menuju Lomba yang Fair, menarik dan menyenangkan

Aturan lomba masih dalam tahap diskusi, yang di tampikan belum menjadi ketentuan yang definitif

Lokasi Dan Koordinat Loft

1.  Setiap loft yang mengikuti lomba perlu memiliki koordinat geografis (latitude longitude )  dalam format degree) yang menunjukan lokasi kandang yang dapat ditentukan oleh peserta sesuai dengan lokasi loft yang sebenarnya melalui interpretasi basemap service seperti: google map, open street map, bing map, here map. Selanjutnya komite lomba yang ditunjuk dapat memverifikasi  ketepatan koordinat geografis yang telah di berikan baik melalui map sevice atau melalui pengukuran menggunakan peralatan global navigation satellite system tipe navigasi (handheld gnss) ataupun alat ukur lain yang lebih teliti.

2. Semua koordinat loft  Anggota tersedia di situs klub resmi di http://www.merpatipos.com/

3. Setiap kesalahan tentang jarak loft peserta dapat mengajukan pemberitahuan kepada komite lomba dan begitupun sebaliknya.

4. Setidaknya dua (2) anggota klub harus hadir untuk proses verifikasi koordinat.

(d) Lokasi loft  harus diukur kembali jika loft dipindahkan sejauh 9 meter atau lebih.

(e) Pengukuran harus dilakukan dari titik tengah lof/kandang.

RING MERPATI LOmba

1. Semua merpati yang akan mengikuti lomba di semua kejuaraan atau lomba yang di selenggarakan oleh klub wajib memakai ring.

2. Semua Ring organisasi/klub di indonesia yang masih aktif dan di akui secara luas dapat di pergunakan di semua kejuaraan yang di selenggarakan, kecuali kejuaraan khusus yang di selenggarakan oleh KOMPAS yang mewajibkan untuk merpati menggunakan ring KOMPAS, 

3.ring yang digunakan haruslah sempurna, tidak ada kecacatan, pernah pecah dan lain sebagainya yang dapat menimbulkan kecacatan hasil lomba

2. Ring khusus KOMPAS akan dijual dalam urutan yang terdaftar pada Bendahara, dan semua anggota  dapat melihat urutan ring milik anggota lain,  Ring di jual secara Tunai atau transfer sebelum ring di terima.

 

JAM LOMBA

1. Hanya jam yang disetujui oleh KOMPAS. sesuai daftar yang diterbitkan yang akan diterima sebagai jam resmi yang dapat di terima untuk digunakan dalam lomba.

2. Jika Jam lomba mati/ berhenti atau dianggap rusak , peserta  di wajibkan melapor dan dapat mengatur perhitungan waktu bersama komite lomba, atau ia dapat meminjam dari peserta terdekat lainnya. hasil perhitungan lomba yang disebabkan karena hal tersebut mutlak menjadi kewenangan Komite lomba.

3. Jika jam bervariasi lebih cepat 4 detik dari seharusnya, perhitungan tersebut masih dapat di benarkan, namun jika lebih cepat dari itu maka akan di diberlakukan penambahan waktu kedatangan sebanyak dua kali lipat lebih lambat dari detik yang tercatat lebih cepat. begitupun sebaliknya

PENGATURAN DAN PEMERIKSAAN JAM

4. Semua jam HARUS diatur oleh Penyetel Jam Resmi atau siapa pun yang mereka ditunjuk oleh komite Lomba, dan komite lomba menambahkan segel yang di tanda tangani di balik jam yang telah di perika, termasuk pada ETS.

5. Peserta di wajibkan melaporkan kepada komite lomba jika segel dengan tanda tangan rusak kepada komite lomba, jika saat terjadi pemeriksaan atau pada kumpul jam di ketemukan kerusakan pada segel maka Komite lomba berhak untuk mendiskualifikasi peserta dari perlombaan.

Pengumpulan data kedatangan ( Clocking) Kumpul jam

6. Semua catatan atau data perlombaan yang tersimpan pada jam atau alat pencatat lainnya perlu di kumpulkan atau di verifikasi oleh komite lomba bersama peserta dengan cara cara yang telah di tentukan oleh KOMPAS, semua data akan di simpan sebagai alat bukti hingga kejuaraan selesai.

7.  Komite Lomba dapat memeriksa jam anggota dan Loft Peserta setiap saat, Baik atas permintaan Badan Pengawas atau atas inisiatif sendiri. serta setiap Eksekutif Klub atau anggota yang ditunjuk memiliki hak untuk memverifikasi merpati kapan pun jika dianggap perlu.

8.  Hal apa pun yang timbul yang belum diatur dalam aturan ini akan diputuskan oleh komite, yang keputusannya bersifat final dan mengikat, dan hanya  tunduk atas keputusan pada banding yang telah diajukan ke dewan pengurus KOMPAS.   Banding dapat diajukan jika kejadian tidak melebihi dalam waktu 21 hari setelah lomba,

9.  Anggota Organisasi bebas membeli sistem ETS yang mereka pilih. Anggota atau setiap  individu dalam Organisasi bertanggung jawab untuk memastikan kompatibilitas sistem (perangkat keras / perangkat lunak) dengan sistem lain yang digunakan dalam Organisasi. KOMPAS. atau Organisasi setempat tidak bertanggung jawab atas ketidak sesuaian sistem.

10. KOMPAS. berhak untuk menarik persetujuan pemakaian sebuah  sistem Pemindaian  Elektronik (ETS) kapanpun di rasa perlu.

11 Jika ada Anggota atau Komite yang menemukan bahwa adanya ketidakamanan di sebuah jam lomba dirinya dan peserta lain, ia dapat memberi tahu KOMPAS. lewat Komite lomba dan mencari kebenaran tentang hal tersebut,  yang nantinya akan menjadi bukti untuk validitas penggunaan sistem lomba yang berkelanjutan. Komite lomba akan mengajukan pernyataan tertulis tentang alasan kekhawatiran kepada pemilik jam dan kepada Pengurus serta dewan Pengurus.

12.  Penggunaan sistem Pemindaian Elektronik (ETS) atau QR Code atau SMS  diizinkan sebagai  pencatatan jam lomba di seluruh organisasi di setiap tingkat kompetisi yang diselenggarakan olej  KOMPAS. termasuk untuk  Klub/Individu atau organisasi manapun  yang berafiliasi dengan KOMPAS.

13. Antena sistem hanya dapat dipasang  di pintu masuk loft peserta, serta  pada  titik masuk sesuai instruksi atau spesifikasi pabrik, dan antena harus berada tidak lebih jauh 2cm dari dinding paling luar kandang/Loft

14.Semua penggunaan jenis/merk unit jam lomba  harus dilaporkan kepada organisasi minimal 2 hari sebelum lomba

15. Antena dan jam lomba yang telah didaftarkan dan diverifikasi  tidak dapat di pindahan tangankan tanpa pemberitahuan dan persetujuan kepada komite lomba.

Countermark bird /Diskualifikasi

16. Jika data yang terkandung dalam sistem Pemindaian Elektronik menjadi rusak, terhapus atau rusak saat merpati telah di lepas, sementara pemilik tidak memiliki jam manual yang terverifikasi,   peserta akan secara otomatis ter diskualifikasi. dari hasil lomba apa pun.

(16) Jika ada peserta yang secara sengaja mencoba untuk merusak atau menghancurkan data elektronik miliknya sendiri atau dari peserta lain dengan kata lain melakukan manipulasi hasil lomba termasuk dengan cara  lain, maka seluruh entrinya akan didiskualifikasi dari kompetisi dan seluruh kejuaraan

(17) Saat menutup lomba, Komite Lomba yang ditunjuknya perlu memverifikasi data hasil lomba dari juru hitung dan menyimpannya sebagai referensi di kemudian hari jika perlu. Semua file data harus disimpan rapi dan aman sebagai bahan jika diperlukan adanya rekonstruksi data di kemudian hari.

Registrasi Lomba

1. Semua merpati harus menjadi properti milik yang bonafid dari orang/Loft yang namanya dimasukkan dalam lomba, dan harus terdaftar dalam keanggotaan KOMPAS. Paling lambat 2hari sebelum lomba. Dalam hal Mitra /Kost dalam 1 Loft, mereka harus terdaftar atas nama Loft bersama.

2.  Bahwa KOMPAS mengakui hak-hak individu untuk terbang di klub sebagai individu dari satu lokasi atau alamat. Sebagai individu, mereka harus memasukkan merpati dengan nama pemilik yang berbeda, akan tetapi dapat menggunakan perangkat pencatatan jam lomba yang sama dan telah disetujui oleh komite lomba.

3. Semua anggota harus menyerahkan formulir lomba  dengan benar paling lambat 2 hari sebelum lomba di mulai . Semua informasi harus ditulis dengan jelas untuk menghindari kesalahan dalam hasil lomba. Semua merpati yang akan di lombakan harus terdaftar di laporan hasil basketing dan pemilik wajib untuk memeriksa kembali kesesuaian data dari identitas merpati tersebut. 

4. Komite Lomba  memiliki hak dan kekuatan untuk mendiskualifikasi jika di ketemukan ketidaksesuaian data dengan identitas merpati yang di lombakan juga berhak menolak masuknya merpati yang sakit saat proses basketing / Inkorf . 

5.merpati yang di tolak masuk saat proses basketing tidak dapat mengikuti perlombaan atau kejuaraan yang diadakan, Pemilik tidak memiliki hak dan klub tidak memiliki kewajiban untuk pengembalian biaya lomba yang telah dibayarkan.

Basketing / Inkorf

1. Proses Basketing tidak akan di laksanakan jika Peserta/Pemilik belum mengisi formulir lomba yang telah disediakan, termasuk beum menyelesaikan pemabyaran registrasi lomba sejumlah yang telah di tentukan.

 

 2. Semua merpati sudah harus hadir pada waktu dan tempat inkorf  yang telah  ditentukan. Dispensasi waktu selama 90 menit setelah waktu inkorf dan basketing dapat di berikan kepada peserta yang mengalami keterlambatan dengan persyaratan membayar pinalti keterlambatan sebesar Rp.10.000 untuk setiap ekor burung yang akan di lombakan. keterlambata melebihi 90 menit, peserta dinyatakan tidak mengikuti lomba dan semua merpati miliknya dinyatakan tidak clock. 

 

 3. Hanya orang yang berwenang yang akan diizinkan untuk memverifikasi nomor Ring dan identitas merpati lomba,  sesuai yang tercantum dalam formulir lomba. Proses basketing di anggap Sah, jika Petugas yang berwenang telah melaporkan berita acara basketing yang memuat identitas merpati, jumlah, termasuk semua penanda ( Karet/QRcode/Chip) yang rusak kepada komite lomba, dan komite lomba menyetujui dengan menandatangani berita acara tersebut.

 

 4. Burung yang terlepaskan secara tidak sengaja selama proses basketing dapat ditangkap kembali oleh pemiliknya dan diserahkan kembali untuk proses basketing hingga diluar waktu inkorf resmi yang
ditentukan asalkan transporter/Conveyer masih berada di tempat Inkorf  yang ditunjuk.

 

6. Setelah burung melalui proses basketing dan telah dilakukan penandaan, tidak ada siapapun yang boleh
menyentuh burung tersebut kecuali diizinkan oleh anggota komite lomba.

 

 7. Pemberangkatan Conveyer disaksikan dan disetujui oleh komite lomba. klub tidak akan bertanggung jawab atas kecelakaan apa pun yang mungkin terjadi pada merpati pada saat proses perjalanan pelepasan. 

 

Pelepasan - RELEASE

1. Transporter / Conveyer akan melepaskan semua atlit lomba sesuai dengan koordinat dan waktu yang telah di tentukan sebelumnya oleh Komite Lomba.

2. Pembukaan Segel Pelepasan perlu di saksikan oleh minimal 2 saksi di lokasi lepasan atau melalui bukti video yang di berikan kepada Komite Lomba

3. Perubahan Waktu dan titik lepas di karenakan sesuatu hal hanya dapat dilakukan seijin dari Komite lomba.

4. Jika Proses Pelepasan tertunda karena cuaca buruk, pelepasan dapat di tunda hingga hingga beberpa jam kemudian berdasarkan perhitungan merpati lomba dapat pulang ke loft dalam lomba 1 hari. jika tidak memungkinkan, maka pelepasan di tunda ke hari selanjutnya.

 

Perhitungan Lomba

1. Detail No Ring dan Identitas merpati termasuk waktu kedatangan akan di perlihatkan secara lengkap dalam hasil release remi KOMPAS

2 Hasil Lomba akan di umumkan secara terbuka baik di Website milik KOMPAS maupun media social lainnya, dan peserta di ijinkan untuk menyebarluaskannya tanpa mengedit hasil yang sebenarnya.

 3, Informasi lengkap tentang pemenang dan hasil perlombaan keseluruhanakan diperlihatkan paling lambat 3 hari setelah lomba di tutup. 

4. Komite Lomba memiliki kekuasaan penuh untuk menetapkan kebijakan  tentang apa yang merupakan keputusan akhir dari suatu perlombaan.

Waktu tutup jam Lomba

(B) Lomba akan  ditutup  akan 1/2 jam setelah matahari terbenam atau sekitar Pk. 06.00 sampai 1/2 jam sebelum matahari terbit atau Pkl. 06.00 . merpati yang datang sebelum tengah malam dihitung pada saat downtime/  dan akan di nilai sebagai burung-burung hari pertama dan merpati yang datang setelah tengah malam dihitung pada waktu uptime dan akan diakui sebagai burung-burung hari kedua dll.

Perhitungan Kecepatan

(a) Kecepatan Merpati akan dihitung sebagai meter per menit dengan akurasi  tiga (3)  desimal sebagai berikut:

Pengukuran ke lLOFT/kandang ada dari titik lepasan Anda adalah 150,015 km. 

Pengukuran dalam 60ths adalah 150.015 menjadi meter adalah 150015 x 60 = 9000900

Waktu rilis adalah 8:00:00 pagi dan waktu tiba 11:30:15 di hitung sebagai total waktu tempuh  adalah 3 jam 30 menit dan 15 detik

Konversikan ke 60s/detik:

(3 jam = 180 menit + 30 menit = 210 menit x 60 detik = 12600 detik. + 15 sisanya dtk = 12615 dtk.)

Waktu terbang dalam detik = 12615

Bagilah Pengukuran dalam 60-an dengan waktu terbang dalam 60-an = kecepatan

Kecepatan = 9000900/12615 = 713.507 m / m

Perhitungan Juara, dalam sebuah lomba dan kejuaraan 

Peringkat/rangking lomba di hitung berdasarkan yang tercepat, peringkat dalam kejuaraan di hitung berdasarkan point akumulasi yang dapat dari setiap perlombaan sesuai kategori yang diikuti.

contoh sebagai berikut;

peserta lomba 100 ekor, dengan merpati yang berhasil clock sebanyak 60 ekor, catatan waktu setiap merpati akan di urut dari yang tercepat ke 1,2,3,4,5,6,7 dst.

menghitung point , point yang diraih dapat di hitung dengan metode:

– coeefisien sesuai yang telah di tentukan oleh komite lomba atau jumlah merpati yang clock,

contoh: 

posisi juara 1 melawan  500 merpati akan berfungsi sebagai 1 x 1.000, dibagi dengan 500, menghasilkan koefisien 2 untuk event lomba  tersebut. 

contoh:  rangking 1

1 x1000 / ( 500 x 900/Jarak Koordinat peserta dari titik lepas)= koeefisien 0,0002

 – Alokasi point terbanyak untuk rangking terkecil atau dibatasi jumlah point berdasarkan % kedatangan awal . 

contoh ; Peserta merpati lomba 100 dengan 60 ekor (60%) yang clock.

peringkat 1 akan mendapat point 60

peringkat 2 akan mendapat point 59

peringkat 60 akan mendapat point 1

total koeefisien dan point =

peringkat 1 mendapat nilai koeffisien 0,002 dengan raihan point sebesar 60 Point

Peringkat 0,004  mendapat nilai koeffisien 0,004  dengan raihan point 59

Kejuaraan

KOMPAS Mengadopsi system perhitungan kejuaraan sesua dengan FCI “federasi Merpati Pos International” sepenuhnya dengan  membagi kejuaraan berdasarkan kategori jarak, bukan “total all round Ace “seperti umumnya yang di gunakan di Indonesia.

kategori/Class kejuaraan akan di bagi 3 kategory

  • Jarak Pendek /Short hingga 400km
  • Jarak Menegah  400km – 600km
  • jarak jauh 600 km keatas
Perhitungan juara Ace pigeon dihitung  per kategori/ class , jika 1 kategori/Class terdapat 3 Pos, maka raihan point di hitung hanya dari 3 pos tersebut. bukan dari total pos.
Merpati dengan raihan Point terbanyak dengan koefficien terkecil akan menjadi juara dalam kategori tersebut.

dengan system perhitungan koeeficient dari jumlah merpati  artinya merpati terbaik di kategory lomba tersebut adalah merpati yang mampu menjadi juara dengan mengalahkan jumlah merpati terbanyak.

Klub affiliasi

Klub di luar KOMPAS dapat ikut berlomba bersama KOMPAS, selama memiliki metode  perhitungan dan standard lomba  yang sama,   Point dapat diakumulasi sebagai point Kejuaraan bersama/Affiliasi, untuk jarak yang melebihi dari 100km dari titik nol KOMPAS akan di lakukan perhitungan GAIN/LOSS (Penyesuaian jarak terbang untuk mendapatkan titik nol yang adil)   

need more info?

how can we help you?

How to start

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi scelerisque, nisl vitae scelerisque varius, est metus fermentum ligula, eu vestibulum tortor lectus vel turpis.

Activities

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi scelerisque, nisl vitae scelerisque varius, est metus fermentum ligula, eu vestibulum tortor lectus vel turpis.

Guide Directory

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi scelerisque, nisl vitae scelerisque varius, est metus fermentum ligula, eu vestibulum tortor lectus vel turpis.

FAQ

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi scelerisque, nisl vitae scelerisque varius, est metus fermentum ligula, eu vestibulum tortor lectus vel turpis.